Jumat, 18 November 2011

PERKEMBANGAN PERISAI DIRI

Perkembangan Perisai Diri
Sejak awal berdirinya, silat Perisai Diri berfokus untuk mengembangkan organisasinya di seluruh Indonesia, terutama di bidang institusi pendidikan dan instansi pemerintah. Di tingkat remaja, silat Perisai Diri berkembang di sekolah-sekolah tingkat SD, SLTP dan SLTA di Indonesia. Sementara di tingkat lanjutan, silat Perisai Diri menyebar di universitas-universitas negeri dan swasta di seluruh Indonesia
Silat Perisai Diri, menyebar ke penjuru dunia membawa nama bangsa dalam bidang seni dan budaya.  Walaupun seni itu sendiri berupa beladiri, namun tidak membuat negara lain memandang sebelah mata, tetapi justru tertarik akan materi pelajaran dan filosofi dari tiap tehnik yang diajarkan oleh Silat Perisai Diri.
 Hasil yang didapat dari pengembangan ini ternyata membawa dampak yang positif. Berawal dari pengembangan di universitas seluruh Indonesia, kini Perisai Diri telah tersebar di penjuru dunia. Hal ini dikarenakan para pelatih Perisai Diri  yang bertugas  di luar negeri dalam waktu yang lama,  sehingga membuka tempat latihan di negara tempat mereka bertugas. Hingga saat ini, Perisai Diri telah tersebar di Australia, Jerman, United Kingdom, Amerika, Switzerland dan Belgia.
 ‘Belajar Silat Tanpa Cedera’ adalah moto Perisai Diri, sejak didirikan tahun 1955. Metode yang diajarkan di desain untuk menghindari cedera di saat latihan.
Struktur Organisasi
Mengingat target pengembangan latihan yang luas, Perisai Diri telah membuat struktur keorganisasian dari tingkat pusat hingga tingkat terkecil (ranting).  Pengurus Pusat Perisai Diri bertempat di Surabaya dan saat ini diketuai oleh Ir. Nanang Soemindarto.  Struktur keorganisasian Perisai Diri adalah:
1. Pengurus Pusat membawahi Cabang dan komisariat Luar Negeri.
2. Pengurus Cabang dan Komisariat Luar Negeri membawahi Wilayah,
    Instansi dan Perguruan Tinggi.
3. Pengurus wilayah membawahi ranting.

PERISAI DIRI Pusat                                                
 Sekretariat:
Jl Tenggilis Lama IV No.54
Surabaya  60292
Ph. 031-8490185    Fx. 031-8431564
Email: pdpusat@sby.centrin.net.id

PERISAI DIRI DKI Jakarta
 Sekretariat:
Jl Salemba, Tegalan IF No 17
Rt 012/05, Jakarta Timur
Ph. 021-92957050 (Ricardo)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

jangan lupa komentarnya